Kamis, 30 Mei 2013

Mie Ayam Sehat (christiani nurianti/05/XI IPS 3)

MIE AYAM SEHAT

Mie Ayam, jenis menu yang sangat akrab di telinga masyarakat Indonesia. Hampir di tiap tempat, kita bisa menemukan makanan yang merakyat ini. Begitu banyak penjaja Mie Ayam, maka faktor keamanan dan kesehatan, menjadi bagian sangat penting bagi konsumen yang ingin bersantap.






Salah satu pembuat dan penjual mie ayam dan bakso di Jogja yang masih konsisten dengan menu serba alami, adalah Mie Ayam dan Bakso Mbak Pini. Saya tidak usah jauh-jauh naik kendaraan ke luar rumah karena mie ayam ini bisa saya tempuh dengan berjalan kaki. Beroperasi sejak 2008, saat ini sudah ada 4 variasi mie ayam.  Ada mie ayam putih, mie ayam ijo, mie ayam ungu dan mie ayam lombok ijo. Semua warna ini, hasil perpaduan terigu sebagai bahan utama mie, dengan aneka bahan alami. Warna hijau hasil campuran dengan Daun Sawi atau Saisin. Sedangkan warna ungu dan hijau agak cokelat adalah perpaduan dengan Ubi Ungu dan Cabe Hijau.


 “Dulu cuma satu macam yakni mie putih dan bakso. Oleh Pak Adzan Budiman (pemilik warung Sapi Bali), saya disarankan untuk mencoba berinovasi dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Saya lantas terus mencoba sampai sekarang sudah tercipta empat varian ini. Untuk pengenyal saya biasa pakai merang atau kalau sulit mendapatkan merang menggunakan baking powder,” tutur Bu Pini
Banyak kendala yang sempat ditemui. Mulai aromalangu dari cabe, hingga warna campuran yang kurang sedap dilihat. Tapi perjuangan tak lelah selama lebih 3 bulan akhirnya berhasil.


Lokasi
Jl Kranji C7, Krikilan, Sariharjo, Ngaglik Sleman. Lokasi ini tepatnya adalah sekitar 200 meter di sebelah selatan Simpang 4 warung Sapi Bali di Jl Damai Ngaglik.
Jam Operasional
Buka mulai pukul 11.00 – 21.00 WIB.
Harga
Mie Ayam original – Rp.4.500 per porsi
Mie Ayam Ijo – Rp.5.500 per porsi
Mie Ayam Ungu – Rp.5.500 per porsi
Mie Ayam Cabe – Rp.6.500 per porsi
Bakso – Rp.5.500 per porsi berisi 1 bakso besar dan 3 bakso kecil




Tidak ada komentar:

Posting Komentar