Jumat, 31 Mei 2013

Nikmatnya Sensasi Pedas Oseng-Oseng Mercon (Ima Nabila Warsito/12/XI IPS 3)



Oseng-oseng mercon merupakan salah satu masakan khas di Yogyakarta, mungkin di luar kota Yogyakarta masyarakat kurang mengetahui apa itu oseng-oseng mercon. Namun di kota yang biasa disebut kota pelajar ini oseng-oseng mercon banyak diminati oleh masyarakat.
Masakan ini merupakan pengolahan dari potongan daging sapi yang diracik dengan menggunakan resep pedas dari cabai rawit merah dengan komposisi daging lima kilogram dan cabai rawit merah satu kilogram sehingga menambah kenikmatan bagi seorang penggila masakan pedas. Namun selain diracik dengan resep cabai rawit merah dan rempah-rempah, masakan ini ternyata juga diracik dengan sentuhan gula jawa yang menambah cita rasa oseng-oseng mercon ini.  
Awalnya nama oseng-oseng mercon ini diambil karena olahan daging sapi ini melahirkan rasa yang begitu pedas. Bahkan ada masyarakat yang menyebutnya oseng-oseng bledek karena rasanya yang sangat meledak-ledak seperti petasan.
Masakan oseng-oseng mercon ini dapat dinikmati di lesehan milik Ibu Narti di jalan KH. Ahmad Dahlan. Lesehan oseng-oseng bu Narti ini merupakan warung lesehan pertama di Yogyakarta. Harganya pun sangat terjangkau hanya dengan Rp 6.000,00-Rp 8.000,00 saja. Oseng-oseng mercon ini disajikan dengan nasi putih berserta dengan lalapan yang menambah cita rasa dari oseng-oseng mercon itu sendiri.




    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar